Menurut perhitungan yang dilakukan Dinas ESDM Jabar, biaya penggunaan tabung gas untuk memasak 10 liter air adalah setara Rp6.171. Sedangkan, untuk memasak air dengan jumlah yang sama dengan kompor induksi berkekuatan 1200 watt, hanya diperlukan uang setara Rp1.283. Layaknya memasak makanan dengan menggunakan kompor, selama digunakan, nyala api dari oven gas tidak akan pernah mati seperti nyala elemen pemanas pada oven listrik.

Saat ini, untuk setiap masyarakat yang hidup dari kalangan menengah ke atas, rumah tentu akan memiliki kompor gas. Di luar upaya pemerintah tersebut, kompor listrik memang terbukti lebih aman, nyaman, dan bersih digunakan di rumah daripada kompor gas. Meski terkesan lebih mahal untuk dibeli dan dipasang di awal, penggunaan kompor listrik menggunakan biaya yang jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan kompor gas. JAKARTA – Penggunaan kompor listrik ternyata lebih hemat dibandingkan dengan kompor gas elpiji. Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform Fabby Tumiwa mengatakan, penghematan dari penggunaan kompor induksi listrik bisa sebesar 10-15%. Anggota Dewan Energi Nasional Satya Widya Yudha mengatakan, penggunaan kompor listrik memiliki banyak keuntungan dibandingkan kompor gas.

Dibandingkan dengan kompor induksi dan kompor gas, banyak orang beranggapan bahwa kompor listrik tidak nyaman digunakan memasak. Selain itu, kompor listrik dinilai kurang praktis seperti kompor gas yang mudah dipakai di luar ruangan. Oleh sebab itu, sebagian orang masih menganggap bahwa menggunakan kompor listrik terasa lebih merepotkan. Namun, sebenarnya kompor listrik memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompor jenis lain. Untuk urusan dapur dan masak-memasak, pasti tidak bisa disepelekan mengenai kehadiran alat masak utama yaitu kompor.

Pengaturan suhu panas interior oven dilakukan di awal saat hendak melakukan pemanggangan. Selanjutnya, api dalam interior oven akan tetap menyala hingga akhirnya dimatikan secara manual. Berapa banyak kuantitas gas yang dibutuhkan setiap kali pemanggangan? Sangat tergantung dari jenis kue / makanan yang hendak di panggang.

Ini karena kompor induksi hanya memanaskan item dengan partikel besi di dalamnya. Risiko pun lebih kecil ketika Bunda tak sengaja meninggalkannya ketika selesai memasak. Jika Bunda masak bersama anak-anak, kompor induksi jauh lebih aman karena aman disentuh, sementara kompor listrik tidak aman disentuh. Seperti yang dapat Bunda bayangkan dari perbandingan sebelumnya bahwa jauh lebih efisien untuk memanaskan peralatan masak secara langsung daripada secara tidak langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *