Padahal tindakan yang dikenakan kepada dirinya merupakan tindakan tanpa alasan yang sah menurut undang-undang. Dalam hal penuntut umum tidak hadir, permintaan diajukan selambat-lambatnya sebelum hakim menjatuhkan putusan. Dia masih menempati rumahnya yang sudah dibeli pemerintah untuk tol, karena belum diminta pindah. Dia mengatakan meski mendapatkan ganti rugi tersebut, dirinya masih harus membagi itu untuk 12 ahli warisnya. Meski saat itu banyak seles mobil biasa hingga mewah, dia sama sekali tak tertarik membelanjakan uangnya demi kendaraan. Dalam tahapan ini peran gubernur penting karena bagaimana mewujudkan bahwa lokasi yang ditetapkan akan dilakukan pengadaan tanah bagi kepentingan umum.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua perikatan memerlukan somasi terlebih dahulu untuk meminta ganti kerugian. Sebagaimana bunyi Pasal 1243 KUH Perdata, dalam hal sesuatu yang harus diberikan atau dilakukannya hanya dapat diberikan dalam waktu yang telah ditentukan, maka apabila waktu tersebut telah terlampaui penggantian biaya, kerugian dan bunga juga mulai diwajibkan. Bahkan ada yang mencadangkan untuk lelaki itu mengekori kerbau terbabit sehingga berjumpa dengan tuannya bagi memudahkan dia menuntut ganti rugi atas kerugian yang dialami. Nilai ganti rugi yang dituntut oleh Penggugat meliputi upah selama 10 tahun masa kerja yang tersisa , serta berbagai cuti dan tunjangan yang masih mungkin diterimanya selama itu .

Dari kasus ini, kesimpulan yang dapat diambil, hakim hanya mengabulkan gugatan ganti rugi terkait kerugian materiil, dalam hal ini biaya atau harga atas suatu benda atau jasa yang telah dikeluarkan dan dapat dinilai harganya. Memang dalam kasus yang ditangani oleh Muhammad Taufik, I Made Tara, dan M. Bahaudin Qaudry ini, para Penggugat sendiri sepertinya telah menerima putusan tersebut, karena upaya-upaya hukum hanya diajukan oleh pihak Tergugat. Dalam Pasal 14 a ayat dan , dan Pasal-pasal KUHP berikutnya,dimana dimungkinkan suatu syarat khusus, misalnya trerpidana dipidana pula dengan syarat khusus membayar ganti kerugian kepada korban, maka tercapai juga penyelesaian secara perdata. Akan tetapi perlu diingat bahwa putusan itu harus berbentuk pidana bersyarat yang umumnya mengenai perkara-perkara yang tidak berat.

Beberapa sarjana hukum bahkan berani menyamakan perbuatan melawan hukum dengan wanprestasi dengan batasan-batasan tertentu. Asser Ruten, sarjana hukum Belanda, berpendapat bahwa tidak ada perbedaan yang hakiki antara perbuatan melawan hukum dan wanprestasi. Menurutnya, wanprestasi bukan hanya pelanggaran atas hak orang lain, melainkan juga merupakan gangguan terhadap hak kebendaan.

Sama seperti surat perjanjian pada umumnya, surat ini juga memiliki elemen yang harus diisi, sehingga isi dari surat ini bisa jelas dan berkekuatan hukum secara maksimal. Apabila terdapat pecahan satuan atau puluhan maka dibulatkan ke atas dalam kelipatan ratusan. Kiriman dengan nilai lebih dari 100 USD pengirim wajib menerima layanan ganti rugi. Ketentuan pidananya diatur dalam Pasal 310 ayat UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ, dipidana dengan pidana penjara paling lama enam bulan dan atau denda paling banyak Rp 1 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *